Wednesday, May 13, 2020

Cara mengatasi Flashdisk, Memory dan Harddisk minta Format

Jangan Panik waktu anda membuka flashdisk, memory card timbul peringatan buat memformat Flashdisk atau Memory card. Kasus seperti ini nir hanya dialami oleh anda, Flashdisk yang minta diformat pula pernah dialami sang beberapa orang dan jua termasuk aku .

Kepanikan yang ada didalam fikiran anda mungkin timbul pertanyaan-pertanyaan pada benak anda yaitu, Data hilang, Flashdisk tidak terbaca, dan bagaimana caranya menyelamatkan data yang berada didalam flashdisk yang minta buat diformat.

Mengatasinya dengan menggunakan Command Prompt (CMD)

Cara yang pertama ini bisa anda lakukan buat mengatasi flashdisk, memory atau harddisk yg mengalami kerusakan sistem tidak terlalu parah, berikut langkahnya:

1. Buka command prompt (CMD) dengan cara tekan tombol Windows+R lalu tekan Enter

dua. Selanjutnya merupakan melihat Drive yang bermasalah apakah ada di Drive D, E atau F dst, Silahkan pastikan terlebih dahulu

3. Jika sudah benar-benar yakin menggunakan posisi Drive yang mengalami kerusakan, misalkan di Drive E

4. Masuk ke Drive tersebut melalui CMD atau command prompt ketikan di "E:" lalu Enter, setelah itu ketikkan "chkdsk/f" untuk menjalankan prosedur check sekaligus repair error yang terdeteksi pada saat checking disk, kemudian tunggu proses pengecekan selesai dan windows langsung merepair apabila terdeteksi error pada flashdisk, memory ataupun Harddisk.

5. Apabila saat melakukan "chkdsk/f" di cmd muncul tulisan "Access denied as you do not have sufficient previlages. You have to invoke this utility running in elevated mode." itu berarti anda tidak memiliki hak untuk menjalankan perintah tersebut, maka silahkan jalankan ulang command prompt atau cmd dengan menggunakan akses Administrator dengan begitu anda tidakn akan mengalami muncul pesan tersebut.

Mengatasinya dengan memakai Error checking (Windows Tool)

Cara yang kedua ini adalah dengan menggunakan bantuan dari tool bawaan dari windows yaitu Error checking windows tool, berikut langkahnya:

1. Buka windows explorer dengan menekan Windows+E atau klik icon folder explorer

2. Kemudian lihat dan pastikan terlebih dahulu posisi Drive yang bermasalah berada pada Drive D, E atau F dst

3. Jika sudah benar-benar yakin menggunakan posisi Drive yang mengalami kerusakan, misalkan di Drive E

4. Klik kanan pada Drive yang mengalami kerusakan kemudian pilih "Properties"

5. Setelah muncul dialog Properties klik pada tab "Tools" lalu pada bagian "Error checking " tekan tombol "Check"

6. Selanjutnya ikuti petunjuknya buat melakukan scanning error dalam Drive yg dipilih kemudian tunggu beberapa saat hingga prosses scanning error selesai.

Mengatasinya menggunakan donasi Software

Cara yang ketiga ini merupakan memakai donasi perangkat lunak, cara ini yg tak jarang dipakai buat mengatasi flashdisk, memory atau harddisk yg minta buat diformat. Karena jika kerusakannya dalam perangkat sudah relatif parah, paling nir data yang terdapat bisa diselamatkan terlebih dahulu & untuk perkara memformat atau tidaknya yang krusial data terselamatkan.

Apabila anda memakai cara ini ada beberapa kemungkinan yg didapat yaitu, arsip yang dicari bisa dikembalikan menggunakan utuh, file yg dicari sanggup dikembalikan namun dalam keadaan rusak atau corrupt, atau arsip yang anda cari nir mampu dikembalikan atau tidak ditemukan (not recover)

Itulah laba & kelemahan mengatasi menggunakan donasi software, paling tidak telah berusaha buat menyelamatkan data dari flashdisk, memory atau harddisk.

Anda mampu memakai perangkat lunak untuk surat keterangan sebagai berikut:

- ICare Data Recovery Profesional

- Recuva

- Dll

Jika anda menggunakan bantuan softwaare cukup lakukan installasi dan ikuti petunjuknya lalu tunggu beberapa saat prosses me recover file didalam flashdisk atau memory sampai terselesaikan.

Penyebab Flashdisk, Memory dan Harddisk External minta untuk di Format

Penyebab Flashdisk, Memory & Harddisk minta format terus menerus ditimbulkan sang beberapa hal antara lain merupakan :

1. Media tidak di Eject dengan benar atau perangkat langsung di cabut saja tanpa di matikan secara sistem terlebih dahulu

2. Perangkat personal komputer yang datang-tiba meninggal mendadak juga mampu sebagai penyebab kerusakan hardwarenya

3. Perangkat mengalami kerusakan secara sistem, perangkat pernah terjatuh, terendam air dsb.

Demikian Cara mengatasi flashdisk, memory dan Harddisk yang minta buat diformat semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment