Monday, May 4, 2020

Cara uninstall aplikasi di PC dan Laptop, sampai bersih

Sama seperti pada Smartphone/Android pada PC dan Laptop pula mempunyai banyak & beragam aplikasi, game yang tak terhitung lagi jumlahnya, apalagi menggunakan pemasangan aplikasi atau game yg semakin dipermudah sang pembuatnya.

Tetapi, banyak yg nir memahami atau bahkan tidak peduli jika semakin banyak pelaksanaan dan game semakin lemot juga kinerja berdasarkan PC dan Laptop tersebut.

Masih poly orang awam yang gundah bagaimana caranya menghapus atau meng uninstall aplikasi atau game tersebut, akibatnya pelaksanaan & game menjadi menumpuk dan PC atau Laptop kita jadi lemot.

Menghapus atau uninstall aplikasi & game sanggup kita lakukan menggunakan muda dengan cara uninstall dalam sajian di control panel, akan namun hanya uninstall saja masih belum bersih lantaran umumnya registry aplikasi atau game tadi masih tertinggal dalam sistem Windows PC atau Laptop kita dan jika kita biarkan maka akan terus menumpuk yg umumnya dianggap junk files.

Cara uninstall pelaksanaan pada PC & Laptop

1. Control Panel

Buka menu Control Panel dengan mengetikkan "Control Panel" pada kotak pencarian Windows, atau dengan menekan tombol Windows+R secara bersamaan dan ketikkan "Control Panel" lalu tekan tombol Enter pada keyboard PC atau Laptop.

Dua. Uninstall a Program

Setelah kita buka menu Control Panel kita pilih menu "Uninstal a Program", untuk memilih aplikasi atau game mana yang akan kita hapus atau uninstall.

3. Uninstall

Klik pada aplikasi atau game dan pilih "Uninstall", atau klik kanan pada aplikasi atau game lalu pilih "Uninstall" untuk menghapus atau uninstall aplikasi atau game tersebut.

Pada langkah ini, kita harus berhati-hati dalam memilih aplikasi atau game yang akan kita hapus. Karena beberapa software yang terinstall bisa jadi aplikasi tersebut adalah software bawaan sistem operasi atau pun driver dari PC atau Laptop kita. Jika kita salah dalam menghapus kemungkinan akan terjadi  gangguan pada kinerja sistem operasi yang mengakibatkan error.

Maka berdasarkan itu kita hapus saja aplikasi atau game yg pernah kita Install saja, dengan begitu PC atau Laptop kita akan permanen aman.

4. Ikuti langkah Uninstall

Setelah kita pilih Uninstall, lalu kita hanya mengikuti langkah-langkah Uninstall sesuai prosedur. Lantaran setiap pelaksanaan dan game tidak selaras caranya buat meng Uninstall & caranya tidak jauh tidak sinkron pada ketika kita meng Install nya.

Lima. Finish

Klik "Finish" jika muncul pop-up notifikasi bahwa aplikasi atau game yang kita Uninstall sudah selesai terhapus.

Untuk membersihkan registry menurut aplikasi yg telah kita hapus, kita harus memakai pelaksanaan yaitu CCleaner.

Untuk cara membersihkan registry berikut langkah-langkahnya.

1. Download CCleaner.

2. Install Software CCleaner & buka aplikasi nya.

3. Pilih menu "Registry".

4. Klik "Scan for issues" pada bagian bawah.

5. Kemudian akan muncul berbagai registry, klik "Fix selected issues..." untuk menghapus registry tersebut.

6. Saat kita klik "Fix selected issues..." akan muncul pemberitahuan untuk memback-up registry atau tidak. Pada langkah ini registry yang akan di back-up tersebut tidak begitu penting, namun untuk jaga-jaga kita bisa memback-upnya.

7. Kemudian klik "Fix all selected issues", maka registry akan terhapus lalu klik "close" jika sudah selesai menghapus registry.

Selamat...Menggunakan ini semoga PC atau Laptop kita mampu lebih cepat kinerja.

Semoga berguna, dan apabila terdapat pertanyaan silahkan ditanyakan dalam kolom komentar.

No comments:

Post a Comment