Friday, May 8, 2020

Tips mengatasi MicroSD yang rusak

Kapasitas memori internal dalam smartphone yang kecil & terbatas mengharuskan penambahan memori eksternal & sebagai perangkat keras tambahan, nir lepas dari kasus & galat satu perkara yang tak jarang terjadi adalah nir terbaca & adanya arsip yg corrupt. Jika mengalami hal serupa, sekarang tidak perlu khawatir.

Cara mengatasi MicroSD yg rusak

Berikut beberapa saran yang mampu kita pakai buat mengatasi MicroSD berdasarkan kerusakan.

1. Format  MicroSD dengan smartphone

Tips ini bisa kita lakukan dengan menggunakan smartphone. Bagi pengguna android langsung saja masuk ke menu setting dan pilih storage, dan di menu storage pilih erase SDcard dengan demikian SDcard atau MicroSD akan kembali ke semula tanpa file tersisa.

Dua. Membersihkan lempengan tembaga pada MicroSD

Tips selanjutnya yang wajib kita lakukan adalah membersihkan lempengan tembaga dalam MicroSD, dengan cara keluarkan MicroSD terlebih dahulu dari smartphone selesainya mematikan smartphone, kemudian bersihkan lempengan tembaga pada MicroSD memakai penghapus pensil, cottonbud, atau kain micro fiber.

Bersihkan lempengan tembaga dengan penuh hati-hati jangan sampai terdapat tabrakan pada lempengan tembaganya, bila sudah higienis masukan balik MicroSD dan check pada smartphone MicroSD nya sudah terbaca atau belum.

Tiga. Mengecheck MicroSD menggunakan PC atau Laptop

Masalah rusaknya MicroSD sangatlah poly, terdapat saatnya situasi dimana MicroSD tidak terbaca dalam smartphone akan namun terbaca dalam PC/Laptop, menggunakan demikian terdapat 2 pilihan yg sanggup dilakukan yaitu mengecheck kerusakan & melakukan proses data MicroSD.

Sambungkan smartphone ke PC/Laptop dengan memakai kabel data atau menyambungkan MicroSD dengan menggunakan Card reader ke PC/Laptop, jika sudah check pada PC/Laptop di windows explorer.

Caranya yaitu, kita hanya perlu klik kanan pada Drive MicroSD lalu pilih Properties kemudian pilih Tool dan pilih Error checking. Setelah itu proses pemeriksaan akan berlangsung, jika proses sudah selesai eject MicroSD dan masukkan kembali MicroSD ke slot smartphone.

Jika belum terbaca pada smartphone, jalan keluar yg terakhir yaitu melakukan proses data & bila masih masih ada file yang masih terbaca segera lakukan back up arsip terlebih dahulu menggunakan menyalin seluruh file ke PC/Laptop.

Demikian Tips mengatasi MicroSD yang rusak, semoga berguna.

No comments:

Post a Comment