Friday, May 8, 2020

Cara check spesifikasi laptop atau PC

Sebagai pengguna laptop atau PC paling tidak kita wajib mengetahui spek atau spesifikasi berdasarkan perangkat yg kita pakai, agar kita mampu menggunakannya buat pekerjaan yg sesuai dengan spek atau spesifikasi dari laptop atau PC kita, sehingga bisa awet & nir mudah rusak.

Biasanya laptop atau PC akan gampang rusak bila digunakan buat menjalankan tugas yang nir sinkron menggunakan kemampuan & spesifikasi menurut laptop atau PC tersebut, dan apabila kita memaksakannya tentu hal ini mampu menyebabkan perangkat kita menjadi rusak , mampu pula mengalami overheat dan Mengganggu hardware didalam laptop atau PC.

Ada 2 cara buat check spesifikasi laptop atau PC

1. Check spesifikasi laptop menggunakan program Dxdiag

  • Buka program Dxdiag, yaitu dengan cara mengetikan "Dxdiag" pada pencarian windows atau dengan menekan logo Windows+R lalu pada bagian isian kita ketikan "dxdiag" lalu klik ok atau enter
  • Setelah kita klik ok atau enter maka kita bisa melihat spesifikasi lengkap dari laptop atau PC kita, dari sistem operasi yang kita pakai, CPU, RAM, Bios dll.
  • Untuk mengetahui spesifikasi VGA dan Sound Card yang digunakan, klik pada tab Display atau Sound.

Dua. Check spesifikasi laptop dengan properties dalam This PC

  • Buka file manager atau file explorer pada laptop atau PC, dengan cara tekan logo Windows+E
  • Kemudian klik kanan pada This PC seperti pada gambar dibawah

  • Kemudian pilih Properties
  • Tunggu beberapa saat hingga terbuka jendela yang menunjukan spesifikasi laptop atau PC

apabila menggunakan cara yg kedua tidak begitu lengkap seperti dalam cara pertama atau menggunakan menggunakan acara Dxdiag.

Sebenarnya masih poly cara lainnya yaitu menggunakan aplikasi tambahan, mencari pada internet atau membaca di dusbook dll.

Namun dua cara diatas cara yg mudah buat mengetahui spesifikasi laptop atau PC.

Apabila masih belum paham menggunakan cara diatas silahkan tinggalkan komentar dibawah artikel Cara check spesifikasi laptop atau PC.

Terimakasih telah berkunjung di Tutorialnya PAS, jangan lupa baca jua artikel menarik yg lainnya.

No comments:

Post a Comment