Tuesday, May 5, 2020

Cara mengatasi pesan error "Not enough memory (RAM)" pada Adobe Photoshop

Adobe Photoshop adalah software yang sudah lama di kenal sebagai sofware aplikasi pengolah gambar terbaik, dengan terkenalnya Adobe Photoshop semua foto sering kali dikaitkan dengan istilah sudah di Photoshop atau dalam bahasa inggrisnya Photoshopped.

Akan namun untuk sanggup menggunakan Adobe Photoshop, kita harus mempunyai PC/Laptop yg sinkron dengan spesifikasi penggunaan menurut Adobe Photoshop. Karena jika nir sesuai dengan spesifikasi dari Adobe Photoshop maka waktu menggunakannya kita akan mengalami yang biasa nya kita sebut lemot atau lambat pada mengakses pelaksanaan Adobe Photoshop tadi.

Salah satu menurut perkara yang acapkali dialami sang pengguna Adobe Photoshop yg berkaitan dengan PC/Laptop yaitu tidak cukupnya memory (RAM), hal ini umumnya di tandai dengan keluarnya pesan error "Could not complete your request because there is not enough memory (RAM).".

Aplikasi Adobe Photoshop sendiri mempunyai minimum spesifikasi tergantung menurut masing-masing versi Adobe Photoshop. Untuk Adobe Photoshop versi CC 2014 ke atas membutuhkan RAM 2GB & merekomendasikan buat memakai RAM 8GB, ad interim buat Adobe Photoshop versi CS5 & CS6 membutuhkan RAM sebesar 1 GB & buat Adobe Photoshop versi CS4 ke bawah membutuhkan RAM 512MB saaja.

Dan bila jumlah memory yg kita gunakan sudah memenuhi kebutuhan spesifikasi menurut Adobe Photoshop tapi ada pesan error "Not enough memory (RAM)".

Berikut langkah-langkah untuk mengatasinya.

Cara mengatasi pesan error "Not enough memory (RAM)" dalam Adobe Photoshop

1. Menu Setting PERFORMANCE

Jika PC/Laptop kita memiliki memory yang cukup akan tetapi mendapatkan pesan error "Not enough memory (RAM)", mungkin kita hanya perlu mengatur alokasi memory untuk Photoshop saja, dan untuk melakukannya masuk ke menu EDIT > PREFERENCE > PERFORMANCES.

Dua. Ubah Jumlah memory (RAM)

Setelah masuk hidangan Performances, lalu kita ubah jumlah penggunan memory yang mampu digunakan Photoshop menggunakan mengisi nilai yg lebih akbar atau menggeser slider yg terdapat pada menu penggunaan memory.

Mengubah nilai setting pada sajian Performance dalam photoshop biasanya dapat mengakibatkan error bagi sebagian pengguna Photoshop, hal ini terjadi pada pengguna Photoshop versi lama atau kita yg meng update Windows ke Windows 10 creator update.

Pasan error yang timbul yaitu "An integer between 96 and 8 is required. Closest value inserted".

Untuk mengatasi error invalid numeric entry kita mampu melakukan dengan cara manual yaitu menggunakan menambahkan key baru pada registry Windows.

Yang wajib pada perhatikan

- Memakai memory dengan bijak

apabila kita mempunyai PC/Laptop menggunakan memory yg pas-pasan namu permanen ingin menggunakan Photoshop, maka kita wajib lebih bijak pada menggunakan memory.

  • Edit file dengan jumlah sedikit, dengan edit file satu saja.
  • Edit file dengan resolusi yang lebih kecil.
  • Gunakan Photoshop versi lama
  • Tidak membuka aplikasi lain saat menggunakan Photoshop

- Tambah memory RAM atau ganti PC/Laptop

Bila solusi diatas memang nir bisa mengatasi error not enough memory (RAM), mungkin kita harus meng upgrade perangkat keras atau hardware kita dengan yg baru.

Selamat mencoba semoga bermanfaat, jika terdapat yang pada tanyakan silahkan bertanya di kolom komentar.

No comments:

Post a Comment